Saling Silang Wacana Pemulangan Eks ISIS – DUA ARAH (Bag1)

10
105
Saling Silang Wacana Pemulangan Eks ISIS – DUA ARAH (Bag1)

Wacana pemulangan WNI eks ISIS ke Tanah Air terus menjadi perdebatan. Kalangan pegiat HAM menilai status para mantan pengikut ISIS tersebut masih tetap WNI dan karenanya berhak untuk dipulangkan. Sementara kalangan yang menolak pemulangan beralasan kehadiran mereka berpotensi mengancam keamanan.

Sementara itu, pemerintah terkesan bersikap tarik ulur atas pemulangan 600 WNI yang kini terlantar di sejumlah kamp pengungsian di Suriah tersebut. Meski Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri bersikap menolak pemulangan, pemerintah belum mengambil keputusan resmi karena masih mempertimbangkan manfaat dan mudharatnya.

Lantas, langkah terbaik apa yang bisa diambil oleh pemerintah? Mungkinkah dilakukan pemulangan secara selektif terhadap mereka? Saksikan talkshow Dua Arah Saling Silang Wacana Pemulangan Eks ISIS

#DuaArah #ISIS #PemulanganISIS

10 COMMENTS

  1. Waktu berangkat, kalian berbulat tekad ingin hidup disana berjuang dg ISIS meninggalkan indonesia yg kalian sebut negara thaqut, negara kafir, yg kalian anggap kepergian kalian adalah jihad yg jika mati surga imbalanya… Sekarang baru susah segitu aja belum mati udah teriak2 pengen dipulangin,… Knapa?? Takut hidup susah ?!!!!, takut MATI???… Kan kalau mati disana masuk surga, Apa ga pengen masuk surga??.. Kok combatan isis yg diajarkan menerror, membunuh dan mengangkat senjata cengeng begitu… Minta tolong dong sama orang yg menjanjikan itu semua, sama yg ngajak kalian pergi kesana?..jangab bikin pemerintah Indonesia riweuh.. . Mentalnya Kok cengeng amat atau kalian hanya pura2 ingin pulang dan nanti disini menteror indonesia dengan faham radikal keISISan yg kalian yakini itu, yg sampai hati Indonesia negara kalian kalian khianati, kalian coreng, kalian hina, kalian kalian rusak nama ibu pertiwi ini dimata dunia… Memalukan!!!.. BERJUANGLAH DISANA SAMPAI MATI KALIAN TAK PANTAS PULANG! Karena kalian bukan WNI eks ISIS tapi ISIS eks WNI

  2. Yg jadi masalah bukan berarti mereka pernah merasa tertipu atau merasa tdk nyaman di suriya , tetapi yg jd masalah adalah ideologinya , bisa saja mereka anggap suriyah adalah negara yg gagal melindungi dan pertahankan kelompok mereka, apalagi mereka sudah terancam hukuman mati dr pihak peerintah suriyah , VAKSIN yg di maksud nara sumber tsb mmg benar tapi bukan vaksin ideologi tapi vaksin kepercayaan bagi pimpinan isis yg ada di suriyah , mereka justru merasa isis. Lebih aman dan prospek jika di kembangkan di indonesia. Karena di indonesia yg intoleran dan radikalis lebih militan thd dasar ideologi bukan sekedar kepentingan. Jadi seumpamanya keadaan suriyah saat ini terjadi di Indonesia kemungkinan mereka bertempur sampai titik darah penghabisan dan jika jadi tawanan mereka lebih rela di hukum mati demi mempertahankan ideologi mereka. Ciri khas rakyat Indonesia lebih berjiwa patriotisme apalagi sudah terpapar ideologi yg sangat mendarah daging mereka ebih konsisten thd perjuangan ideologinya dan tidak segan2 melawan pemerintah sebab mereka merasa terjajah oleh ideologi yg ada di Indonesia yakni Panca sila. Di negara kita sangat banyak yg intoleran bahkan yg lbh radikal cuma mereka blm terlalu kronis artinya masih bisa di bina secara perlahan tetapi jika kita mengibaratkan bara api di dalam sekam maka mereka tinggal di tiup sedikit sudah menyala. Inilah yg sangat di khawatirkan. Jadi sebaiknya keputusan itu segera di tolak dan jangan di beri kesempatan sama sekali.

  3. meski status mereka itu wni ,tetapi mereka itu penjahat masal di indonesia,apakah perbuatan mereka tdk langgar ham,,,,,,,,,pemerintah jangan tertipu oleh para pendukung isis utk pulangkan warga isis eks wni,karena mereka dapat menghancurkan infrasruktur yg telah dibangun

  4. halo orng2 KOMNAS HAM…,,apa komisi kalian itu sdh tdk punya pekerjaan??????? Kalian itu mngurus tntng hak asasi manusia kan??? Nah drpd kalian urus pr eks isis itu,,mndingan kalian turun kedaerah2 yg terpencil,,yg msh terisolir,,,krna dsna bnyk rakyat miskin dn yg tdk bersekolah,,,mereka jg puny hak asasi sbgai warga negara..,, mmbuthkn dn sngt mmbutuhkn bantuan,,!!!!jd singkt sj klw komnas ham mati2an mau plngkn isis,,,jgn2 mrka jg pendukung isis……hati2 pemerintah….

  5. Justru dgn alasan menjunjung kemanusiaan pemerintah harus menolak kepulangan eks ISIS, mengingat dgn kepulangan eks ISIS dpt mengancam nilai2 kemanusiaan ratusan juta rakyat Indonesia. Di dalam negri saja pemerintah masih sulit mengobati penyakit paham2 radikal dan yng terpapar ISIS apalagi mo menambah masalah baru lagi. Jangan tambah penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here